Memahami Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama

By | March 10, 2021

soalbelajar.web.id –  Memahami Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama – Berbicara mengenai pelajaran Bahasa Indonesia, maka besar kaitannya dengan adanya kalimat utama. Diketahui, dalam setiap paragraf pasti terdapat kalimat utama di dalamnya. Masih banyak orang atau siswa yang tidak mengetahui adanya peletakan kalimat utama. Pada pembahasan di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai contoh menentukan kalimat utama.

Apa itu Kalimat Utama?

Kalimat utama merupakan kalimat yang didalamnya memuat gagasan, ide, pikiran pokok dalam sebuah paragraf. Dengan adanya kalimat utama, akan muncul kalimat-kalimat lain yang nantinya akan menjadi sebuah paragraf. Anda bisa memahami garis besar sebuah topik dalam sebuah paragraf melalui kalimat utama.

Jenis kalimat utama ini sebenarnya ada 3. Anda harus memahami ketiganya agar mudah menentukan kalimat utama dalam sebuah paragraf. Terdapat kalimat utama induktif, deduktif, dan campuran.

Bagaimana Cara Menemukan Kalimat Utama?

Setelah Anda mengetahui definisi dari kalimat utama, maka kini pahami cara menentukan kalimat utama. Contoh soal menentukan kalimat utama sudah banyak di berbagai website google. Anda hanya perlu memahami cara menemukan kalimat utama dalam sebuah kalimat. Berikut adalah penjelasan lengkapnya

Baca juga : Ciri – Ciri Kalimat Langsung yang Mudah Dipahami

Membaca Kalimat Pertama dan Terakhir dalam Paragraf

Di dalam Bahasa Indonesia, mengenal istilah induktif dan deduktif. Ini berkaitan dengan letak kalimat utama yang ada di dalam paragraf tersebut. Biasanya, kalimat utama terletak di bagian kalimat pertama, terakhir, atau di awal dan di akhir. Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu, maka Anda bisa langsung melihatnya di kalimat awal atau akhir dalam paragraf.

Menentukan Ide Pokok atau Gagasan Utama dalam Kalimat

Contoh soal menentukan kalimat utama memang terlihat mudah. Anda hanya perlu memahami ide pokok atau gagasan dalam tiap paragraf. Kalimat utama berisi tentang ide pokok secara menyeluruh dari kalimat-kalimat yang lain.

Jenis-Jenis Kalimat Utama

Contoh soal menentukan kalimat utama memang mudah ketika Anda mengetahui jenis-jenis kalimat yang ada di dalam paragraf. Perlu diketahui bahwa terdapat 3 jenis paragraf jika didasarkan pada peletakan kalimat utamanya.

Kalimat Deduktif

Apakah Anda pernah mengetahui apa itu kalimat utama deduktif? Jenis kalimat ini mempunyai letak kalimat utama yang ada di awal paragraf. Kemudian, kalimat lainnya sebagai penjelas. Jenis kalimat ini banyak ditemukan dalam contoh soal menentukan kalimat utama dalam bacaan Bahasa Indonesia.

Kalimat Induktif

Contoh soal menentukan kalimat utama tidak semuanya terletak pada bagian awal paragraf. Anda juga bisa menemukan kalimat utama induktif. Apa maksudnya? Kalimat utama induktif merupakan kalimat utamanya yang berada pada akhir paragraf. Sehingga, kalimat-kalimat sebelumnya hanya menjadi kalimat penjelas saja.

Baca juga : 2 Contoh Soal Melengkapi Kalimat Rumpang yang Sering Hadir Dalam Ujian

Kalimat Campuran

Kalimat campuran ini dianggap sangat unik dan seringkali susah untuk ditebak. Sesuai dengan namanya, kalimat campuran ini mempunyai kalimat utama yang berada di awal maupun diakhir paragraf. Dalam hal ini, Anda pasti akan menemukan kalimat utama yang menjadi poin dalam sebuah paragraf terletak pada dua letak yang berbeda.

Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama

Ardan adalah siswa terpintar di kelas X SMA Taruna Jaya. Ini dibuktikan dengan prestasinya yang sangat banyak di dunia akademik. Teman-teman sekolahnya kerap kali pergi ke rumahnya untuk belajar bersama. Ardan sangat baik, semua teman yang ingin belajar bersama diterima untuk mengunjungi rumahnya.

Berdasarkan paragraf tersebut, kalimat utamanya adalah “Ardan adalah siswa terpintar di kelas X SMA Taruna Jaya”.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pemahaman contoh soal menentukan kalimat utama. Bahasa Indonesia memang terlihat mudah, namun akan menjadi sulit jika Anda tidak memahami ilmu terkait didalamnya. Soal-soal kalimat utama seringkali ditemukan pada paragraf dan dijadikan soal latihan pada umumnya dalam Bahasa Indonesia.

Akan tetapi, topik materi ini juga ada dalam soal-soal ujian sekolah, ujian Nasional, atau yang lainnya. Oleh karena itu, diharapkan kepada Anda agar membaca setiap kalimat dengan bersungguh-sungguh dan bisa mencari kalimat utama yang ada di dalamnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *