Budaya Pantun Kini Menjadi Sebuah Trend Baru.

By | December 23, 2019

soalbelajar.web.id – Pernah Menjadi Populer, Budaya Pantun Kini Menjadi Sebuah Trend Baru. Pantun merupakan salah satu jenis karya yang keberadaannya sudah ada sejak dahulu. Bahkan, bisa dikatakan ini adalah salah satu jenis karya yang legendaris. Pasa zaman dahulu, pantun digunakan sebagai pengantar pesan secara halus. Artinya, beberapa orang biasanya menggunakan pantun untuk menyampaikan pesan berupa nasehat.

Seiring perkembangan zaman, pantun menjadi sangat populer. Para ahli bahasa pun menjabarkan beberapa jenis pantun. Mulai dari pantun nasehat, pantun jenaka, pantun cinta, pantun teka-teki dan masih banyak lagi. Pembahasan mengenai pantun jelas akan sangat banyak.

Sebelum mengetahui contoh pantun, kita perlu simak beberapa jenis pantun. Yang pertama adalah pantun jenaka. Seperti namanya pantun ini berisi tentang lelucon. Dikemas semenarik mungkin untuk menciptakan suasana yang riang dan jenaka. Hampir semua pantun terdiri atas 4 baris. Baris pertama berisi pembukaan, baris kedua berisi isi dari pantun itu sendiri.

Sebagai contoh, kamu dapat simak pantun di bawah ini.

Putri kemangi rambutnya kemilau
Piara burung yang selalu berkicau
Karena hati terlalu galau
Cewek gendut kusangka kerbau.

Nah, pantun di atas adalah salah satu contoh dari pantun jenaka atau lucu. Kamu bisa mengikutinya atau membuatnya sendiri. Bahkan jenis pantun seperti ini sangat mudah dibuat jika dibandingkan dengan jenis pantun lainnya.

Selanjutnya adalah pantun nasehat. Sudah pasti jenis pantun yang satu ini berisi sebuah nasehat. Orang-orang terdahulu sangat mengandalkan pantun ini untuk menyampaikan pesan. Makna yang terkadung biasanya lebih dalam dan lebih bisa diterima ketimbang dengan menggunakan bahasa yang biasa saja.

Contoh pantun nasehat sangat mudah didapatkan. Misalnya seperti penggalan berikut ini:

Penjual obat penjual jamu
Penjual jami orangnya tampan
Bersekolah menuntut ilmu
Ilmu berguna untuk kehidupan

Nah, ini hanyalah salah satu contoh dari pantun nasehat. Masih banyak lagi contoh lainnya. Bisa seputar nasehat kepada anak sekolah, nasehat kehidupan, nasehat keagamaan, bahkan nasehat terkait kehidupan sosial.
Ada lagi jenis pantun yang cukup digandrungi oleh para pemuda. Pantun cinta namanya. Jenis pantun ini kerap dijadikan perantara ketika hendak mengungkapkan perasaan kepada orang yang disukainya atau yang membuat jatuh hati. Bisa disampaikan secara langsung, bisa pula diselipkan pada surat.

Jika kamu ingin merasakan sensasi senyum-senyum sendiri membaca sebuah pantun, contoh pantun berikut ini bisa ditiru. Kamu pasti akan merasa sedang jatuh cinta terus.

Langit biru terlihat sendu,
warna hijau biru dan semu.
Jarak jauh tumbuhkan rindu,
Ingin selalu dekat denganmu.

Perlu diketahui, ada jenis pantun cinta yang juga tidak kalah menggelitik. Biasanya digunakan orang Betawi saat prosesi mengantar mempelai pria untuk menikah. Ini bisa dibilang sebagai adat istiadat Betawi yang masih ada hingga kini.

Pantun memang merupakan sebuah bentuk karya lama. Tapi, saat ini keberadaan pantun mulai bangkit lagi. Kamu bisa melihatnya di beberapa acara tv yang menyelipkan pantun pada sebuah adegan. Untuk bisa membuat pantun, kamu memerlukan imajinasi yang cukup tinggi. Selain itu, ada kaidah penulisan yang juga perlu untuk diketahui.
Kaidah penulisan pantun sendiri seperti pantun bersajak a-b-a-b. Selain itu setiap pantun terdiri dari 4 baris. Harus mengandung 2 baris sampiran dan 2 baris isi. Pada tiap akhir paragraf memuat pesan yang akan disampaikan. Terlihat sangat sederhana, bukan? Tapi, tidak banyak orang mampu membuat contoh pantun yang enak didengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *