Contoh Soal Cerpen Pilihan Ganda Kelas 11.

By | October 8, 2019

soalbelajar.web.id – Inilah Kumpulan Contoh Soal Cerpen Pilihan Ganda Beserta Jawabannya Kelas 11. Pengertian Cerpen yaitu jenis krya sastra yang berbentuk prosa naratif fiktif atau fiksi. Dimana isinya itu hanya menceritakan atau menggambarkan kisah suatu tokoh beserta segala konflik dan juga penyelesaiannya, yang ditulis secara ringkas dan juga padat.

Pada umumnya, isi dari sebuah cerita pendek itu berpusat pada satu tokoh dan situasi tertentu dimana ada puncak masalah (klimaks) dan juga penyelesaiannya. Selain itu, di dalam sebuah cerita pendek atau cerpen terdapat kurang dari sekitar 10.000 kata saja, sehingga cenderung singkat dan juga padat.

Di dalam sebuah cerpen terdapat 5 elemen penting yang akan membangun teks cerita pendek tersebut. Sehingga bisa membentuk suatu cerita yang utuh. Dalam hal ini nanti akan dipaparkan secara singkat tentang contoh soal cerpen pilihan ganda beserta jawabannya kelas 11. Jadi sebelum itu sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang cerpen itu sendiri.

Berikut ini ada beberapa struktur cerpen yaitu :

Abstrak

Abstrak yaitu ringkasan ataupun inti dari cerpen dan merupakan gambaran sebuah awal suatu cerita. Unsur abstrak ini sifatnya opsional, dengan kata lain suatu cerpen tersebut boleh saja tidak menggunakan abstrak.

Orientasi

Orientasi yaitu hal-hal yang berhubungan dengan waktu, suasana, dan juga tempat yang ada di dalam cerita pendek.

Komplikasi

Komplikasi merupakan urutan berbagai kejadian yang dihubungkan berdasarkan sebab-akibat. Disini Anda bisa melihat watak atau karakter suatu tokoh dalam cerpen pada struktur ini.

Evaluasi

Evaluasi yaitu struktur konflik yang terjadi dan mengarah pada klimaks, serta mulai menemukan berbagai solusi atau penyelesaian atas konflik tersebut.

Sebenarnya cukup sangat mudah untuk bisa mengenali sebuah cerpen, yaitu melalui karakteristiknya. Contoh soal cerpen pilihan ganda beserta jawabannya kelas 11 bisa Anda pahami bila Anda sudah memahami tentang cerpen itu sendiri.

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri cerpen pada umumnya, yaitu :
• Jumlah kata di dalam sebuah cerpen kurang dari 10.000 kata.
• Isi cerpen bersifat fiktif atau fiksi.
• Biasanya hanya terdapat satu alur saja.
• Bentuk tulisannya juga singkat, atau lebih singkat dari sebuah Novel.
• Isi cerpen pada umumnya diangkat dari kejadian sehari-hari.

Berikut ini contoh soal teks cerpen.

Perhatikan isi sebuah cerpen berikut ini :

Setibanya pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, maka larasati segera memulai pembicaraan.

“sebelum membicarakan soal diah, saya sangat perlu menjelaskan menggapa saya tidak mau untuk membicarakan hal ini di sekolah. Hal ini karena saya ingin yang saya bicarakan ini merupakan masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaan, bukan kedinasan”

“maksud ibu itu apa?

‘ saya sangat khwatir, keinginan bapak untuk bisa segera menghabisi Diah itu karena kebencian bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya itu sangat perhatian terhadap diah. Dia anak yang lemah pak, sudah mengalami banyak berbagai cobaan hidup, sering murung karena menerima beban yang terlalu banyak dalam hidupnya.

Berikut ini beberapa Contoh soal cerpen pilihan ganda beserta jawabannya kelas 11:

1. Sifat tokoh larasati berdasarkan kutipan cerpen di atas yaitu?
A. sabar dan penyayang
B. angkuh dan disiplin
C. tegas dan pemberani
D. penuh perhatian dan tegas
E. penakut

2. Karakter tokoh pak Usman dalam kutipan cerpen yang ada di atas tersebut memiliki sifat
A. pendendam
B. keras kepala dan mudah marah
C. tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadi
D. ingin menang sendiri
E. baik hati

3. Bagaimana gambaran dari karakter tokoh diah yang ada dalam cerpen di atas?
A. kuat menerima cobaan
B. gampang putus asa
C. lemah dan penuh penderitaan
D. trauma dalam menjalani kehidupanya
E. keras dan kuat

Inilah seputar pemahaman tentang cerpen dan contoh soal cerpen pilihan ganda beserta jawabannya kelas 11. Mengetahui dengan baik tentang cerpen maka Anda juga bisa memahami soalnya dengan baik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *