Pengertian Teks Anekdot Beserta Struktur, Ciri-cirinya!

By | December 10, 2019

soalbelajar.web.id –  Ini Loh Pengertian Teks Anekdot Beserta Struktur, Ciri-ciri, dan Tujuannya! Pasti zaman sekolah dulu kamu pernah belajar tentang teks anekdot bukan? Ayo, kira-kira masih ingat tidak definisi dan kawan-kawannya? Kamu lupa? Tenang saja, pada artikel ini akan dikupas secara jelas dan rinci tentang teks anekdot. Untuk itu, yuk intip penjelasan di bawah ini!

Pengertian Teks Anekdot

Perlu kamu ketahui bahwa sebelum mengulas lebih jauh akan teks anekdot, maka hal pertama kali yang harus diketahui adalah pengertian teks anekdot sendiri. Teks anekdot sebenarnya ialah sebuah karangan cerita atau kisah yang biasanya didasarkan dari pengalaman/sejarah hidup seseorang yang ditulis secara singkat atau pendek dan mengandung unsur humor/lucu tentang berbagai topik seperti sosial budaya, pendidikan, politik, hukum, satire, kritikan, dan lain sebagainya. Di dalam teks anekdot itu sendiri, perlu diketahui bahwa tidak hanya isinya berupa cerita lucu singkat semata melainkan harus terdapat juga amanat atau pesan moral, serta ungkapan tentang suatu kebenaran secara umumnya.

Struktur Teks Anekdot

Setelah mengetahui pengertian teks anekdot, kamu harus tahu juga kan struktur teks anekdot itu. Sebab, sebuah teks anekdot juga harus memiliki struktur-struktur dalam pembentukan ceritanya. Struktur teks anekdot meliputi abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, koda, dan re-orientasi. Sebenarnya apakah itu semua? Untuk itu, ayo simak penjelasan berikut ini. Pertama, abstraksi adalah bagian yang terletak pada bagian awal paragraf, di mana pada bagian ini berisikan gambaran awal tentang isi dari teks anekdot tersebut.

Kedua, orientasi merupakan bagian yang berisikan awal mula, latar belakang terjadinya suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam sebuah cerita anekdot. Ketiga, event yaitu berisikan rangkaian peristiwa yang akan terjadi dalam sebuah cerita. Keempat, krisis ini merupakan bagian ini berisikan tentang pemunculan permasalahan/konflik yang terjadi dalam sebuah teks anekdot. Kelima, reaksi ini bagian yang berisikan langkah penyelesaian masalah yang timbul dalam pada bagian krisis. Keenam, koda di mana pada bagian ini akan muncul perubahan yang terjadi pada tokoh dalam teks. Terakhir, Re-orientasi ini merupakan bagian akhir dari teks sekaligus sebagai penutup dari sebuah cerita anekdot tersebut.

Ciri-ciri Teks Anekdot

Kelanjutan setelah mengetahui pengertian teks anekdot dan strukturnya maka perlu kamu pahami bahwa teks anekdot juga memiliki ciri-ciri yang akan berguna sebagai pembeda dari teks-teks lainnya. Ciri-ciri tersebut dapat kamu lihat dan simak sebagai berikut:

Teks anekdot haruslah bersifat humor/lelucon/menghibur, yang memiliki arti bahwa teks anekdot wajib berisikan kisah-kisah lucu atau bualan semata. Sifatnya yang menggelitik dari teks anekdot akan membuat pembacanya merasa terhibur dengan kelucuan yang tertera dalam teks. Bisa juga bersifat menyindir/satire, dapat juga mengenai orang penting-penting, dan memiliki tujuan tertentu. Namun, bila cerita anekdot berula dongeng juga tak masalah. Pokok yang harus diketahui cerita harus terhubung dan realistis antara karakter hewan dan manusia.

Tujuan Teks Anekdot

Ini adalah hal terakhir setelah kamu paham akan pengertian teks anekdot, struktur serta ciri-cirinya. Maka, tujuan dari teks anekdot tidak boleh dilupakan. Tujuan-tujuan yang dimaksud adalah akan latar belakang bagi pengarang atau penulis dalam menulis sebuah teks anekdot. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari penulisan teks anekdot antara lain: Untuk membangkitkan tawa bagi pembaca teks anekdot, sebagai saran atau kritik dari pihak-pihak yang dituju dan sebagai hiburan semata.

Setelah pemaparan akan pengertian teks anekdot dan kawan-kawannya, apakah kamu akan mencoba untuk membuat teks anekdot sendiri? Bukannya sangat mudah? Untuk itu selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *