Mengenal Berbagai Macam Alat-Alat Laboratorium

By | January 2, 2020

soalbelajar.web.id – Mengenal Berbagai Macam Alat-Alat Laboratorium. Alat laboratorium merupakan sebuah unsur yang harus Anda penuhi di sebuah unit laboratoium ilmu apapun itu termasuk juga laboratoium untuk kesehatan. Memang terdapat salah satu dan yang lainnya juga terdapat beberapa jenis alat yang berbeda-beda namun ada juga alat – alat yang memang akan digunakan hampir di seluruh laboratoium yang ada.

Pada kesempatan kali ini, akan banyak belajar mengenai berbagai macam jenis alat laboratorium beserta dengan fungsinya masing- masing. Tidak hanya yang ada di laboratorium kesehatan saja tapi melainkan juga yang ada di seluruh laboratorium ilmiah. Seperti halnya Fisika, Biologi, Kimia, dan beberapa jenis laboratorium yang lainnya. Namun sebelumnya, sedikit harus Anda ketahui apa itu laboratorium.

Pengertian Laboratorium

Anda semua bisa memahami, laboratorium atau sering juga disebut dengan Lab. merupakan salah satu tempat khusus yang biasa digunakan untuk riset atau research. Selain itu untuk meneliti, menganalisa, mencoba, dan merekayasa serta menyimpulkan tentang satu peristiwa yang akan terjadi secara ilmiah dan juga bukti yang nyata. Di bangku sekolah menengah biasanya Anda sudah mulai akan dikenalkan dengan ruang laboratorium dan juga terdapat beberapa macam alat yang ada di sana.

Macam Alat Laboratorium dan Fungsinya

Tahukah Anda ada berbagai macam alat-alat laboratorium. Tentu saja jawabnya sangat banyak. Adakah beberapa dari hal tersebut yang Anda ingat ? Pastinya, seperti tabung reaksi, mikroskop, neraca dan yang lainnya. Berikut ini ada beberapa contoh alat laboratorium berikut keterangan fungsinya masing-masing.

Mikroskop

Mikroskop merupakan salah satu dari alat laboratorium yang biasa digunakan di banyak jenis laboratorium. Sebagaimana yang sudah biasa dibahas pada pembahasan khusus mengenai mikroskop dan juga fungsinya. Maka bisa Anda ambil kesimpulan bahwa mikroskop itu merupakan sebuah alat yang biasa digunakan untuk melihat benda – benda dengan ukuran sangat kecil ataupun disebut ukuran mikro. Oleh sebab itu, berbagai benda yang hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop sering disebut pula dengan benda mikroskopis.

Timbangan Analitik

Secara umum, untuk timbangan ini mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk bisa mengukur masa sebuah benda. Namun timbangan ini mempunyai varian ataupun jenis yang berbeda – beda sesuai dengan fungsi dan juga kemampuannya. Di dalam laboratorium Anda pasti mengenal istilah timbangan analitik yang mana timbangan ini berfungsi untuk menimbang zat dengan kapasitas yang sangat kecil. Kemampuan untuk analitik ataupun ketelitian yang tinggi inilah yang akan membedakan dengan jenis timbangan yang lainnya.

Centrifuge

Mungkin tidak banyak yang mengenal berbagai macam alat-alat laboratorium termasuk juga alat yang satu ini. Namun untuk alat yang satu ini juga sudah biasa dibahas secara menyeluruh di berbagai pembahasan tentang alat centrifuge. Alat ini merupakan salah satu yang digunakan di laboratorium rumah sakit dan juga klinik. Secara umum fungsi alat laboratorium ini yaitu untuk bisa memisahkan partikel dari zat endapannya. Di lab rumah sakit maka alat centrifuge ini berfungsi untuk memisahkan serum dan juga plasma darah untuk pemeriksaan hematology.

Mikropipet

Pada praktikum Kimia yang ada di sekolah menengah atas (SMA) mungkin Anda sudah mengenal pipet atau sering juga disebut dengan pipet tetes. Ini merupakan alat yang digunakan untuk bisa mengambil cairan dalam jumlah sedikit atau tetes dan juga untuk memindahkannya dari wadah yang satu ke wadah lainnya.

Mikropipet mempunyai fungsi yang sama, hanya saja dengan menggunakan alat ini Anda bisa untuk mengambil cairan dalam jumlah kecil atau mikro dengan hasil yang bisa Anda tentukan jumlahnya. Bukan hanya sekedar satuan tetes tapi mikropipet ini mempunyai bermacam – macam ukuran seperti halnya 1 ml, 5 ml, 10 ml dan lain sebagainya.

PH Meter

Alat laboratorium yang berikutnya yaitu PH Meter. Alat ini biasanya digunakan di beberapa jenis laboratorium untuk ilmiah termasuk juga di bidang kesehatan. PH meter ini merupakan alat yang biasanya digunakan untuk bisa mengukur tingkat keasaman satu zat tertentu. Aplikasi alat ini salah satunya yaitu biasa digunakan untuk bisa mengukur keasaman air sumur para penduduk dinas kesehatan. Atau bisa juga untuk digunakan mengukur keasaman lahan atau tanah pertanian.

Rotator & Mixer

Alat-alat laboratorium berikutnya yaitu rotator dan mixer. Mixer yang dimaksudkan di sini tidaklah berbentuk seperti halnya mixer yang Anda gunakan untuk membuat kue yang ada di rumah. Memang sama – sama berfungsi untuk bisa mencampur, namun mixer disini biasa digunakan untuk mencampur larutan ketika akan direaksikan. Ada banyak sekali jenis dan model, biasanya beda mixer ini ada pada model putarannya. Ada juga yang biasa disebut dengan roler mixer, ada juga rotator, dan yang lainnya.

Tabung Reaksi

Alat laboratorium itu tidak akan bisa lepas dari jenis tabung – tabung. Ada banyak sekali berbagai tabung yang biasa digunakan di lab ilmiah seperti lab. kimia. Salah satunya yaitu tabung reaksi. Tabung ini berbentuk kecil panjang dengan ukuran tertentu yang bisa berfungsi untuk mereaksikan dua zat ataupun lebih. Tabung ini juga terbuat dari kaca dan terdapat juga skala pada bagian luarnya.

 Rak Tabung Reaksi

Masih dalam satu paket dengan alat tabung reaksi. Untuk bisa memudahkan para analis lab, tabung ini bisa diletakkan pada sebuah rak khusus yang biasa disebut dengan rak tabung reaksi. Rak ini diketahui terbuat dari bahan kayu, plastik ataupun barang logam aluiminium. Rak ini secara umum bisa berfungsi untuk bisa meletakkan tabung pada saat proses reaksi zat di laboratorium.

Spatula Kaca

Alat-alat laboratorium selanjutnya yaitu spatula. Apa itu spatula ? dalam bahasa yang mudah, maka spatula bisa diartikan dengan alat pengaduk. Alat ini biasanya terbuat dari kaca dengan bentuk panjang dan pada bagian ujung berbentuk seperti halnya sendok. Spatula ini berfungsi untuk mengaduk zat tertentu, termasuk juga zat yang berada di dalam tabung reaksi apabila memang perlu untuk diaduk. Oleh sebab itu, spatula ini didesain dengan ukuran kecil supaya bisa masuk ke dalam tabung reaksi.

 Labu Erlenmeyer

Namanya memang sedikit aneh dan diberi nama labu karena memang bentuk alat ini menyerupai labu. Fungsi dari labu Erlenmeyer ini diantaranya, yaitu :

• Mencampur berbagai bahan yang dianalisa
• Melarutkan berbagai bahan tertentu seperti halnya komposisi media
• Untuk proses titrasi
• Untuk bisa mencampur bahan dengan menggunakan alat rotator

Inilah berbagai bahasan mengenai alat – alat laboratorium beserta dengan fungsinya masing-masing. Daftar alat laboratorium yang sudah dibahas diatas tadi hanya dari sebagian contoh alat – alat yang biasa terdapat di sebuah laboratorium. Anda bisa untuk menemukan brbagai alat lainnya bila bisa datang langsung ke sebuah laboratorium ilmiah. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *