Perbedaan Sel Mati dan Sel Hidup

soalbelajar.web.id – Perbedaan Sel Mati dan Sel Hidup. Makhluk hidup terdiri dari sel-sel yang berjumlah sangat banyak, sel-sel ini membentuk organ tubuh dan organ dalam makhluk hidup.  Sel ini membentuk struktur makhluk hidup dan fungsional. Sel adalah satuan unit terkecil pada makhluk hidup dan penyusun tubuh makhluk hidup. Sel mampu melakukan metabolisme, reproduksi dan kegiatan lainnya dalam tubuh makluk hidup. Jadi sel ini adalaha unit independen tubuh yang bisa menunjang  kelangsungan hidupnya sendiri.

Sel dalam makhluk hidup dibedakan menjadi sel eukariotik dan sel prokariotik. Sel eukariotik adalah sel yang memiliki inti sel, sel eukariotik terdapat pada hewan, manusia, jamur, tanaman, amoeba dan alga. Sedangkan sel prokariotik adalah sel yang tidak mempunyai membran inti sel. Sel prokariotik terdapat pada alga hijau-biru dan bakteri. Sel dibedakan sesuai kondisinya menjadi sel  hidup dan sel mati.

Sel hidup kebanyakan yang ada di tubuh makhluk hidup yang masih hidup, sedangkan sel mati adalah kondisi saat sel hidup sudah mati.  Untuk melihat Perbedaan Sel Mati dan Sel Hidup, kamu harus melihatnya melalui mikroskop dan dibantu dengan pewarnaan untuk mewarnai inti sel agar bisa dengan mudah membedakan sel hidup dan sel yang sudah mati. Pewarna yang digunakan biasanya adalah acetocarmin, ugol, aceroorcein, dan safranin.

Sel mati adalah hal yang wajar pada makluk hidup yang memiliki banyak sel dalam tubuhnya. Tujuan kematian sel yang terprogram adalah untuk mengontrol populasi sel. Jika sel terus melakukan pembelahan diri dan tidak terjadi kematian atau laju pertambahan sel lebih cepat dibandingkan kematian sel yang terprogram akan mengakibatkan terbentuknya tumor ataupun kanker. Kematian sel berguna juga untuk bagian tubuh yang tidak diperlukan. Jadi sel mati itu bukanlah sesuatu yang buruk bagi makhluk hidup tersebut. Kematian sel hidup adalah salah satu bentuk siklus sel. Mari kita bahas Perbedaan Sel Mati dan Sel Hidup.

Baca juga : Perbedaan Ciri Hewan dan Tumbuhan Sehingga Keduanya Dibedakan Menjadi Dua Dunia

Daftar Isi

Stuktur

Perbedaan Sel Mati dan Sel Hidup yang pertam adalah stuktur sel. Sel hidup memiliki bagian protoplasma dan bagian non protoplasma. Protoplasma merupakan bagian hidup di  sel yang dikelilingi dengan membran plasma. Protoplasma terdiri dari  sitoplasma yang ada di dalam sel dan neuklopasma  yang ada di inti sel. Fungsi protoplasma dalam sel adalah untuk mengatur kegiatan transportasi sel yang sifat selektif permiabel, selektif permiabel maksudnya membran sel hanya bisa dilewati molekular atau ion tertentu.

Sel hidup memiliki nukleus (inti sel) dan sitoplasma yaitu cairan yang ada di sel untuk menopang banyak organel penting dalam sel. Sel hidup memiliki organel – organel yang sesuai dengan fungsi sel tersebut. Organel sel biasanya terdiri dari Retikulum endoplasma, Badan Golgi, Badan Mikro, Mitokondria dan Ribosom.

Sel hidup memiliki empat makromokuler yaitu karbohidrat, protein, lipid dan asam nukleat. Sedangkan pada sel mati  tidak memiliki bagian protoplasma dan bagian non protoplasma. Sel mati tidak memiliki organel-organel.  Sel mati hanya berupa sel kosong atau hanya berisi dinding sel saja. Jadi ruangan sel nampak kosong pada sel mati.

Aktivitas

Sel hidup memiliki peran atau fungsi metabolisme makhluk hidup. Aktivitas metabolisme sel terdiri dari reaksi katabolik dan reaksi anabolik. Reaksi katabolik adalah reaksi kimia perombakan senyawa kimia untuk diubah jadi energi atau senyawa kimia lain. Contoh reaksi katabolik adalah respirasi seluler. Sedangkan reaksi anabolik adalah reaksi penyusunan komponen sel. Contoh reaksi anabolik adalah sintesis protein. Selain aktivitas metabolisme, aktivitas lainnya yang terjadi di dalam sel hidup adalah pergerakan sitoplasma. Sedangkan sel mati adalah sel hidup yang sudah mati atau tidak melakukan fungsinya lagi sebagai suatu sel. Jadi sel mati tidak terjadi aktivitas sel, karena tidak memiliki bagian protoplasma, non protoplasma, dan organel sehingga sel mati tidak punya peranan apa-apa dalam makhluk hidup.

Sel hidup bisa melakukan komunikasi antar sel, karena sel hidup masih bisa mengirimkan atau menerima sinyal kepada sel lain. Sedangkan sel mati, karena sudah mati dan tidak bisa berfungsi sebagai mestinya tidak bisa lagi berkomunikasi antar sel.

 

Perbedaan sel hidup dan sel mati dilihat dari struktur dan aktivitas dari sel tersebut. Itulah Perbedaan Sel Mati dan Sel Hidup. Terima kasih telah membaca di soalbelajar dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

Tinggalkan komentar