Sejarah Dan Letak Geografis Kerajaan Singosari

By | October 10, 2019

soalbelajar.web.id – Mempelajari Sejarah Dan Letak Geografis Kerajaan Singosari. Mempelajari sejarah yang ada di Indonesia merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan agar bisa lebih mencintai tanah air. Ada berbagai sejarah yang mewarnai perjuangan Indonesia mulai dari zaman kerajaan hingga zaman perjuangan para pahlawan meraih kemerdekaan. Setiap sejarah yang ada memberikan pelajaran yang berarti bagi negara Indonesia.

Salah satu runtutan sejarah yang memiliki banyak peran dalam sejarah negara Indonesia adalah sejarah yang terjadi pada zaman kerajaan. Indonesia memiliki ratusan kerajaan yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia salah satunya adalah kerajaan singosari. Salah satu hal yang menjadi pusat perhatian dalam sejarah zaman kerajaan adalah letak geografis kerajaan singosari.

Pada zaman dahulu sebuah kerajaan dinilai sebagai salah satu bentuk pemerintahan yang berdaulat, begitu juga kerajaan singosari. Terlepas dari sejarah berdirinya kerajaan ini, kerajaan singosari merupakan salah satu kerajaan dengan daerah kekuasaan paling luas di Indonesia. Kerajaan singosari didirikan pada tahun 1222 dengan Ken Arok sebagai raja pertamanya.

Kerajaan yang proses pemdiriannya dibumbui dengan kisah asmara Ken Arok dan Ken Dedes ini memiliki nama lain yaitu kerajaan tumapel. Kerajaan yang memiliki sistem pemerintahan monarki ini menganut hindu, budha, kejawen dan animisme sebagai keyakinan yang dianut. Melihat dari agama yang dianutnya, ada banyak spekulasi yang beredar mengenai tata letak kerajaan ini.

Sama seperti sejarah kerajaan lainnya, banyak masyarakat yang ingin mengetahui letak geografis kerajaan singosari. Kerajaan singosari sendiri terletak di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Malang. Hal ini dibuktikan dengan adanya candi-candi peninggalan sejarah yang ada di daerah kota Malang.

Salah satu daerah yang dinilai menjadi pusat pemerintahan kerajaan singosari adalah daerah Singasari kota Malang, tepatnya di kawasan Kutaraja dan beribukota di kawasan Tumapel. Kerajaan yang memiliki nama lain kerajaan tumapel ini merupakan kerajaan hindu budha terbesar di Pulau Jawa.

Kerajaan yang menggunakan bahasa jawa kuno dan sanskerta sebagai bahasa utama ini berhasil menguasai Pulau Jawa hingga ke luar Jawa pada masa kejayaannya. Letak geografis kerajaan singosari ini dibuktikan dengan adanya candi singosari di kecamatan Singasari yang konon sering digunakan untuk pendharmaan semasa raja kartanegara.
Kerajaan singosari mengalami beberapa kali pergantian raja dengan perebutan kekuasaan sepeninggal Ken Arok.

Kerajaan ini mencapai puncak kejayaan pada era raja kartanegara yang merupakan raja terakhir sebelum kerajaan ini runtuh. Selama masa pemerintahan raja Kartanegara, kerajaan singosari mampu mendapatkan predikat sebagai kerajaan terkuat dalam bidang perdagangan dan militer.

Pada masa raja Kartanegara, pemerintahan berhasil membangun hubungan persahabatan yang cukup baik dengan kerajaan-kerajaan besar lainnya. Suksesnya pemerintahan raja Kartanegara ini juga membuat letak geografis kerajaan singosari meluas hingga keluar Pulau Jawa berkat pembangunan dan pembaharuan yang dilakukan di Singosari. Sayangnya padah tahun 1292, kerajaan ini mengalami keruntuhan setelah raja Kartanegara kalah dan terbunuh dalam perang melawan pasukan yang dipimpin oleh Jayakatwang.

Setelah kerajaan singosari kalah dalam perang, kerajaan singosari pun dinyatakan runtuh dan seluruh rakyat harus pindah ke desa Majapahit. Setelah kerajaan singosari runtuh, setahun kemudian berdirilah kerajaan majapahit dengan raja pertamanya Raden Wijaya yang merupakan menantu dari Raja Kartanegara.

Itulah sekilas pembahasan mengenai sejarah dan letak geografis kerajaan singosari yang patut diperhatikan rakyat Indonesia. Menelisik sejarah kerajaan-kerajaan yang ada pada masa sebelumnya bisa sangat membantu rakyat Indonesia membangkitkan kembali semangat perjuangan untuk mencintai dan mempertahankan wilayah negara kita tercinta. Dengan semangat mencintai tanah air, kita bisa mewujudkan kehidupan bernegara yang aman dan tentram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *