Cara Jitu Menguasai Soal Personal Letter SMA Kelas XI

By | October 9, 2019

soalbelajar.web.id – Cara Jitu Menguasai Soal Personal Letter SMA Kelas XI. Personal letter adalah salah satu jenis dari letter (surat), dimana personal letter ini bersifat individual, ditulis untuk urusan pribadi, keluarga, atau teman. Dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, khusunya untuk tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XI, personal letter menjadi salah satu materi bahasan yang sering muncul dalam soal-soal ujian. Nah, agar dapat menguasai soal personal letter ini, berikut terdapat ulasan mengenai cara-cara jitu yang dapat membantu menjawab pertanyaan mengenai personal letter :

Pahamilah Seluk Beluk Materi Personal Letter

Jika ingin menguasai soal, tentu kita harus paham benar tentang materi yang dibahas dalam soal, agar jawaban yang kita berikan tidak keliru. Oleh karena itu, memahami seluk beluk materi soal personal letter SMA kelas XI ini perlu dilakukan. Seperti yang sudah dibahas dimuka bahwa personal letter adalah surat tidak resmi yang dikirimkan antar keluarga atau teman dan berisi tentang hal-hal atau urusan yang pribadi.

Tujuan komunikatif dari personal letter ini berbeda-beda, tergantung dari topik pembahasannya. Personal letter, selain ditulis tangan dan dikirim melalui pos, dapat juga berbentuk surat elektronik (electronic mail/ e-mail) yang dikirim melalui internet. Kemudian yang perlu diingat, personal letter berbeda dengan pesan pendek (short message) karena biasanya pesan lebih panjang dan terstruktur.

Baca juga; Soal Personal Letter Pilihan Ganda SMA

Mengetahui Generic Structure Personal Letter

Berbeda dari formal letter (surat resmi), personal letter ini tidak memiliki kop surat (letter head), tidak ada nomor surat (number of letter), menggunakan bahasa yang informal dan lebih longgar (bahasa sehari-hari), dan isinya lebih kepada ungkapan seseorang. Namun, personal letter memiliki bagian-bagian (structure) yang membuat surat ini berbeda dengan short message.

Adapun bagian-bagian dari personal letter ini antara lain:
1. Tanggal (date) yang berisi tentang bulan, hari, dan tahun surat ditulis atau dibuat, terkadang juga mencantumkan tempat.
2. Salam (greeting) yang berisi kata sambutan seperti Dear my friend, Dear John, dan lain-lain
3. Isi (Body) yang berisi subjek atau topik pembicaraan dari personal letter yang ditulis.
4. Penutup (closing) yang berisi kalimat penutup dan kata-kata penutup seperti Sincerely, Regards, etc.
5. Tanda tangan (Signature) yang berisi nama penulis beserta tanda tangannya yang biasanya diletakan dibawah kalimat closing.

Baca juga; Contoh Soal Personal Letter Pilihan Ganda SMA

Seringlah Mengerjakan Soal Latihan

Berlatih mengerjakan latihan soal menjadi faktor yang paling penting untuk meningkatkan kemampuan dalam menjawab soal personal letter SMA kelas XI. Jika kita sering mengerjakan soal latihan, maka kita akan banyak tau mengenai jenis-jenis pertanyaan yang sering muncul dan bagaimana menemukan jawabannya dengan mudah. Sebagai contoh berikut ini pertanyaan yang biasa muncul dalam soal personal letter:

New York,
September 10th 2019

Dear Zach,
I have read your message about going back to England. I’ve considered it, and decide to go there with you next week as I already have a previous appointment this weekend. I’ve booked the plane ticket for us this Friday, so we can fly to England from New York on Saturday next week. I hope the change of the date will be convenient to you.

Yours Truly,

Ivy

What is the letter about?
a. A change of plan going back to England.
b. An appointment to reply a letter.
c. Holiday to England.
d. Zach’s disappointment.
e. Ivy lies to Zach.

Soal tersebut bertanya tentang isi dari personal letter tersebut, maka jawaban yang paling sesuai adalah (a), dimana dalam surat dijelaskan bahwa Ivy merubah rencananya untuk pulang ke Inggris bersama Zach.

Itu tadi cara jitu yang dapat membantu untuk menguasai soal personal letter SMA kelas XI, semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *