Inilah Klasifikasi Hewan Yang Harus Anda Ketahui

By | January 15, 2020

soalbelajar.web.id –  Inilah Klasifikasi Hewan Yang Harus Anda Ketahui!. Hewan merupakan salah satu makhluk hidup di bumi ini. Hewan bisa diartikan sebagai makhluk bernyawa yang bisa bergerak dan berpindah tempat. Makhluk ini bisa bereaksi terhadap suatu rangsangan tetapi tidak memilik akal budi. Biasanya makhluk ini diklasifikasikan dalam beberapa kategori. Klasifikasi hewan ini bisa Anda pelajari untuk mengenal lebih jauh tentang hewan yang sesungguhnya.

Klasifikasi Hewan

Bila Anda ingin mengklasifikasikan hewan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Hewan bisa diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar yaitu vertebrata atau hewan bertulang belakang dan invertebrata yaitu hewan yang tidak bertulang belakang. Klasifikasi hewan ini merupakan klasifikasi hewan berdasarkan struktur tubuh dari hewan itu sendiri.

Hewan Vertebrata

Saatnya membahas mengenai klasifikasi hewan yang pertama yaitu vertebrata. Hewan vertebrata adalah jenis hewan yang mempunyai tulang belakang ataupun tulang punggung. Ada beberapa jenis hewan yang termasuk di dalam hewan vertebrata yang bisa Anda ketahui. Inilah beberapa jenisnya.

• Ikan (Pisces)

Jenis yang pertama adalah ikan. Hewan ini adalah yang hidup di dalam air, bernafas dengan insang, dan memiliki alat gerak berupa sirip. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur di dalam air. Sekali bertelur hewan ini menghasilkan banyak telur. Apapun jenisnya, hewan yang memiliki ciri – ciri di atas termasuk dengan jenis ikan.

• Amfibi ( Amphibia )

Jenis hewan lainnya di dalam klasifikasi hewan vertebrata adalah amfibi atau bahasa latinnya adalah Amphibia. Hewan ini merupakan hewan yang bisa hidup di dalam dua alam yaitu di darat dan air, berdarah dingin yang bisa mengatur suhu badannya sendiri, dan bernafas dengan paru – paru. Hewan ini tak akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi di dunia tersebut sehingga hewan ini termasuk unik. Ada beberapa contoh jenis amfibi yang bisa diketahui yaitu kadal air, salamander, dan katak.

• Reptil (Reptilia)

Hewan lain yang termasuk ke dalam kategori vertebrata adalah reptil atau hewan melata yang memiliki darah dingin dan bersisik yang mana menutup seluruh tubuhnya. Hewan ini juga mampu bertahan hidup di darat dan di air sehingga lebih fleksibel dan kuat. Ada beberapa jenis hewan yang masuk dalam jenis ini yaitu buaya, ular, biawak dan juga kadal.

• Burung ( Aves )

Jenis hewan lain di dalam klasifikasi hewan vertebrata adalah burung atau nama latinnya Aves. Hewan ini merupakan salah satu hewan peliharaan yang bia terbang. Hewan ini memiliki bulu yang menutupi sekujur tubuhnya, memiliki kaki, dan sayap. Ada beberapa jenis burung yang tidak bisa terbang. Jadi tak semua burung bisa terbang walaupun punya sayap. Beberapa jenis burung yang tak bisa terbang adalah bebek, angsa, kalkun, dan juga ayam.

• Hewan Menyusui ( Mammalia )

Hewan ini merupakan jenis hewan yang paling umum dijumpai dan ditemukan. Hewan ini mempunyai kelenjar susu pada hewan betina yang mana berguna untuk menghasilkan dan memproduksi susu sebagai bahan makanan utama anaknya saat masih bayi. Hewan mamalia ini biasanya berdarah panas dan berkembang biak secara kawin. Hewan ini hanya bisa hidup di dalam satu alam yaitu hidup di darat atau hidup di dalam air saja. Ada beberapa contoh hewan mamalia yang hidup di daratan yaitu monyet, sapi, kambing, kuda, gajah, rusa, keledai, dan lain – lain. Beberapa hewan mamalia juga mungkin hidup di dalam air yaitu lumba – lumba, paus, dan juga ikan duyung.

Hewan Invertebrata

Setelah puas membahas klasifikasi hewan vertebrata, saatnya , membahas mengenai kategori lainnya yaitu hewan invertebrata. Hewan ini merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang alias tulang punggung sehingga terlihat lebih lunak. Walaupun tidak memiliki tulang belakang, kulit dan struktur hewan ini lebih kuat untuk melindungi organ tubuh. Sistem pernafasan, struktur morfologi, sistem peredaran darah, dan sistem pencernaan dari hewan bertulang lunak ini jauh sederhana bila dibandingkan dengan hewan – hewan kategori vertebrata. Untuk berkenalan lebih jauh dengan hewan jenis ini, Anda bisa mengulik beberapa jenis hewan bertulang lunak ini.

• Filum Protozoa

Jenis hewan pertama di dalam klasifikasi hewan invertebrata adalah filum protozoa. Hewan ini merupakan jenis hewan bersel satu yang bertahan dan juga hidup di dalam air. Hewan ini memiliki tubuh amat kecil hanya berkisar sebesar dibawah 1 mm tetapi ternyata ada beberapa hewan yang memiliki tubuh sampai 1 mm. Sumber makanan utama dari protozoa adalah tumbuhan dan juga hewan. Alat gerak dari hewan ini bisa dibedakan dalam 4 kelas yaitu kelas flagellata, berbulu cambuk, kelas rhizopoda berkaki semut, kelas cilliata berambut getar, dan kelas sporozoa berspora.

• Filum Porifera

Hewan lain di dalam klasifikasi invertebrata adalah filum porifera. Hewan ini merupakan hewan berpori yang hidup di dalam air laut. Hewan ini mempunyai bentuk tubuh seperti tabung ataupun tumbuhan yang bisa melekat di dasar laut dan berpindah tempat secara bebas. Makanan utama dari porifera ini adalah bakteri dan juga plankton. Ada tiga ke kelas di dalam filum ini yaitu kelas Hexactinelida, Kelas Corcorea, dan Kelas Demospangia.

• Filum Nematoda

Fllum ini adalah cacing gilik yaitu sejenis cacing yang menyerupai gilik. Kedua ujung tubuh dari filum ini meruncing dan bagian tengahnya bulat. Contoh cacing gilik adalah cacing filaria, cacing tambang, dan cacing askaris.

• Filum Annelida

Filum ini merupakan jenis klasifikasi hewan bertulang lunak selanjutnya. Filum ini merupakan cacing gelang yang bagian tubuhnya tersusun dari segmen – segmen menyerupai gelang dengan sistem organ yang baik dan peredaran darah tertutup. Filum ini memiliki 3 kelas yaitu kelas oligochaeta berambut sedikit, kelas polychaeta berambut banyak, dan kelas hirudinea menghisap darah. Contoh – contoh hewan di dalam filum ini adalah cacing pasir, lintah, cacing kipas, dan juga cacing tanah. Ketika Anda menginjak hewan ini, biasanya akan dengan mudah mati.

• Filum Artropoda

Filum ini memiliki tubuh segmen yang mana bersatu menjadi dua atau tiga daerah. Anggota tubuh dari hewan ini biasanya berpasangan atau simetri bilateral. Filum ini biasanya disebut sebagai hewan berbuku – buku. Ada beberapa jenis hewan di dalam kategori ini yaitu laba – laba, kalajengking, tungau ( kelas Chelicerata), lipan di kelas Myriapoda, kepiting, udang lobster di kelas hexapoda.

• Filum Mollusca

Filum ini termasuk di dalam klasifikasi hewan invertebrata. Hewan ini memiliki tubuh lunak dan bisa dilindungi cangkang ataupun tidak. Cangkang di dalam filum mollusca ini terdiri dari zat kapur. Ada tiga kelas di dalam filum ini yaitu kelas gastropoda dengan contoh siput bercangkang atau tidak, kelas cepalophoda dengan contoh cumi – cumi dan gurita, dan kelas scaphopoda. Itulah beberapa contoh klasifikasi hewan di kategori invertebrata. Masih ada klasifikasi hewan lainnya yang bisa dipelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *