Perbedaan Biografi dan Autobiografi

soalbelajar.web.id – Perbedaan Biografi dan Autobiografi. Ada dua jenis literatur yang mengambarkan karakter dan perjalanan hidup seseorang yaitu biografi dan autobiografi. Perbedaan mendasar keduanya adalah siapa yang menulis literatur tersebut. Biografi adalah sejarah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi adalah ekspresi kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. Keduanya menampilkan apa yang terjadi di masa lalu.  Biografi dan autobiografi termasuk tulisan bukan fiksi,  penulisannya sesuai kronologi, menceritakan kisah  tentang seseorang  yang memiliki kontribusi besar dalam bidang yang spesifik. Banyak yang mengira biografi dan autobiografi adalah hal yang sama, sebenarnya ada perbedaan mencolok keduanya yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Perbedaan Pengertian Biografi dan Autobiografi

Biografi adalah istilah yang merujuk pada tulisan yang menceritakan kehidupan orang lain.   Biografi mendapatkan bahan tulisan berdasarkan fakta yang dikumpulkan oleh penulis. Biografi biasanya dalam bentuk tulisan, meskipun ada yang dibuat dalam bentuk komposisi musik, karya sastra  atau bahkan film. Biografi dalam sederhananya bisa disebut pembentukan ulang hidup seorang tokoh yang dalam bentuk tulisan ditulis oleh orang lain.

Sedangkan  Autobiografi adalah  istilah yang merujuk pada tulisan yang menceritakan kehidupan diri sendiri. Autobiografi adalah sketsa hidup yang dituliskan  oleh  tokoh tersebut. Autobiografi memiliki elemen penulisan yang sama dengan biografi tetapi ditulis oleh tokoh tersebut. Tokoh tersebut bisa menulis sendiri atau menyewa ghost writer atau penulis bayangan untuk menulis.

Perbedaan Izin Biografi dan Autobiografi

Izin biografi bisa ditulis atas seizin orang yang dituliskan dalam tulisan atau tanpa butuh izin orang yang dituliskan hidupnya dalam biografi. Pada biografi ada kemungkinan kesalahan faktual dalam informasi tentang tokoh tersebut, karena ditulis oleh orang lain bukan tokoh itu sendiri. Autobiografi ditulis oleh diri tokoh, jadi tidak perlu izin untuk menulis autobiografi, karena yang menulis diri sendiri.

Perbedaan Pandangan Biografi dan Autobiografi

Penulis biografi  mengumpulkan semua detail informasi tentang tokoh dan menjelaskan fakta yang relevan serta menarik tersebut dalam biografi untuk menarik minat pembaca. Penulis biografi mengumpulkan informasi dalam rentang waktu tertentu dari berbagai sumber serta memberikan pandangan yang berbeda tentang tokoh tersebut kepada pembaca. Autobiografi penuh emosi dan pemikiran dari sang penulis, karena ditulis oleh tokoh itu sendiri. Tokoh  menyampaikan fakta dan pemikiran dengan  caranya sendiri sehingga memberikan perspektif  sempit dan bias kepada pembaca.

Perbedaan Sudut Pandang Penulisan Biografi dan Autobiografi

Autobiografi ditulis dari sudut pandang orang pertama, jadi pada autobiografi menggunakan narasi seperti saya,  aku,  kami, dan sebagainya.  Jadi ada hubungan kedekatan antara penulis dan pembaca, dikarenakan pembaca merasakan  berbagai aspek  pengalaman tokoh  dalam rentang waktu tertentu. Biografi ditulis dengan sudut pandang orang ketiga. Jadi biografi menggunakan narasi orang ketiga sehingga tidak memiliki hubungan kedekatan antara penulis dan pembaca seperti autobiografi.

Perbedaan Tujuan Penulisan Biografi dan Autobiografi

Tujuan penulisan biografi untuk memberitahukan dan mengenalkan kisah hidup tokoh tersebut kepada pembaca. Tujuan penulisan autobiografi adalah ekspresi diri, pengalaman hidup,  dan pencapaian sang tokoh.

Perbedaan Isi  Biografi dan Autobiografi

Biografi berisikan  informasi seperti  tempat lahir, latar belakang pendidikan, pekerjaan, relationship atau ikatan, hingga saat-saat kematian tokoh yang ditulis. Biografi menuliskan detail kehidupan tokoh secara mendalam seperti titik terendah  dan kesuksesan tokoh tersebut serta menganalisa kepribadian tokoh tersebut. Sedangkan Autobiografi  memaparkan sketsa karakter narator seperti dimana dia  dilahirkan dan dibesarkan, pendidikannya, pekerjaan,  pengalaman hidup,  tantangan dan pencapaian hidupnya. Ini termasuk  cerita masa kecil, remaja dan dewasa tokoh tersebut.

Itulah Perbedaan Biografi dan Autobiografi. Terima kasih telah membaca di soalbelajar dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.