Pada Awal Kemerdekaan Hak Repudiasi diberlakukan bagi Penduduk Indonesia Keturunan

By | February 9, 2020

soalbelajar.web.id -Dalam sejarah Pada awal kemerdekaan hak repudiasi diberlakukan bagi penduduk Indonesia keturunan!. Pasti kalian bertanya-tanya apakah arti hak repudiasi yang diberikan pada warga keturunan itu pada zaman awal kemerdekaan?. Hal ini mengenai tentang kewarganegaraan, jadi keturunan Timur Asing  yang tinggal dan lahir di Indonesia seperti keturunan China, Korea, Arab dan Jepang diberikan hak Repudiasi  dengan penerapan stelsel pasif dalam memilih kewarganegaraan.

Keturunan Eropa yang tinggal dan lahir di Indonesia seperti keturunan Belanda, Inggris, Spanyol, Portugis dan negara Eropa lainnya  diberikan Hak opsi dengan penerapan stelsel aktif.Hal itu terjadi pada penduduk indonesia keturunan Timur Asing dan keturunan Eropa merupakan akibat Indonesia menggunakan hasil keputusan Konferensi Meja Bundar (KMB) pada awal masa kemerdekaan.

Hak Repudiasi

Hak repudiasi adalah hak yang diberikan pada seseorang untuk menolak kewarganegaraan pada pemberlakuan stelsel pasif.

Stelsel Pasif

stelsel pasif adalah seseorang bisa langsung menjadi warga negara indonesia tanpa melakukan tindakan hukum tertentu dan ini berlaku pada penduduk indonesia keturunan Timur Asing yaitu keturunan China, Korea, Arab dan Jepang.

Hak Opsi

Sedangkan Pada awal kemerdekaan hak opsi diberlakukan bagi penduduk Indonesia keturunan Eropa. Penduduk Indonesia keturunan Eropa ini memiliki hak opsi dalam penerapan stelsel aktif. Hak opsi adalah hak untuk memilih kewarganegaraan dan berpindah kewarganegaraan.

Stelsel Aktif

Stelsel aktif adalah seseorang harus melakukan tindakan hukum tertentu secara aktif untuk menjadi warga negara indonesia.

Asas Kewarganegaraan di Indonesia Saat ini

Asas kewarganegaraan  adalah asas yang digunakan untuk menentukan seseorang masuk atau tidaknya menjadi  warga negera. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. Asas kewarganegaraan yang dianut Indonesia saat ini ada 4 asas yaitu:

Asas ius sanguinis

Asas ius  sanguinis adalah asas kewarganegaraanyang berdasarkan seseorang merupakan warga negara berdasarkan keturunan.

Contoh penerapan Asas ius sanguinis:
Jika Kevin lahir di Lebanon dan mempunyai orang tua yang warga negara Spanyol, maka Kevin tetaplah menjadi warga negara spanyol. Karena  Lebanon dan Spanyol merupakan negara penganut asas ius sanguinis, jadi tidak peduli kamu dilahirkan di negara mana.Kamu akan tetap menggunakan warga negara orang tua  jika negara tempat kamu dilahirkan adalah negara  penganut asas ius sanguinis dan kewarganegaraan orang tua mu  di negara penganut  asas ius sanguinis .

Asas ius soli

Asas ius soli adalah asas kewarganegaraan berdasarkan  seseorang merupakan warga negara berdasarkan negara tempat kelahiran seseorang itu sendiri. Asas ini berlaku terbatas bagi anak-anak sesuai undang-undang

Contoh penerapan Asas ius soli:

Jika Budi lahir di negara yang menggunakan asas ius soli seperti  Amerika Serikat, maka Budi menjadi warga negara Amerika Serikat.

Asas Kewarganegaraan Tunggal

Asas  kewarganegaraan tunggal adalah Asas  kewarganegaraan dimana seseorang tidak boleh berkewarganegaraan ganda pada orang dewasa.

Contoh penerapan Asas Kewarganegaraan Tunggal:
Jika kamu sudah menikah atau sudah mencapai usia 18 tahun dan sebelumnya kamu memiliki kewarganegaraan ganda terbatas, maka setelah menikah atau mencapai usia 18 tahun. Kamu harus memilih salah satu kewarganegaraan dari kewarganegaraan Ganda yang kamu miliki. Jadi jika kamu awalnya adalah warga negara ganda karena kamu lahir di Indonesia dan orang tua mu adalah warga negara Spanyol, maka saat usia mu 18 tahun atau sudah menikah. Kamu diwajibkan memilih menjadi warga negara Spanyol atau Indonesia

Asas Kewarganegaraan Ganda Terbatas

Asas Kewarganegaraan Ganda Terbatas adalah Asas  kewarganegaraan ganda untuk anak-anak berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Contoh penerapan Asas Kewarganegaraan Ganda Terbatas:
Jika Budi   lahir di Indonesia dan orang tua budi adalah pemilik kewarganegaraan Spanyol, maka saat usia budi belum mencapai  18 tahun atau belum menikah. Budi memiliki Kewarganegaraan Ganda Terbatas.

Info lebih Lengkap tentang kewarganegaraan Indonesia saat ini bisa dibaca disini. Jadi itulah penjelasan tentang pada awal kemerdekaan hak repudiasi diberlakukan bagi penduduk Indonesia keturunan Timur Asing dan penerapan  Stelsel Pasif.  Sedang pada awal kemerdekaan hak opsi diberlakukan bagi penduduk Indonesia keturunan Eropa dan penerapan  Stelsel Aktif serta Asas Kewarganegaraan yang digunakan dan dianut Indonesia saat ni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *