Contoh Soal Olimpiade IPA SD Terbaru

By | February 24, 2020

soalbelajar.web.id –  Contoh Soal Olimpiade IPA SD Terbaru – Salah satu mata pelajaran yang selalu ada pada setiap jenjang pendidikan, dimulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas adalah IPA. Ilmu Pengetahuan Alam yang juga kerap disebut sains ini, termasuk mata pelajaran yang banyak dihindari oleh para siswa. Sulit dimengerti, kurang lebih begitu jawaban yang akan didapat bila Anda bertanya mengapa mereka berlaku demikian.

Padahal, pada kenyataannya IPA cenderung mudah dipahami karena berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari. Ilmu Pengetahuan Alam memang mencakup banyak hal dan sebagian ahli, membagi ilmu ini menjadi dua kelompok. Yaitu, sains murni atau sains alam serta sains sosial atau ilmu sosial.

Berkaitan dengan IPA sendiri, Kemendikbud juga menyelenggarakan olimpiade yang ditujukan untuk semua siswa sekolah. Olimpiade yang telah berlangsung sejak tahun2002 ini, terbukti menjadi ajang bergengsi. Di mana setiap tahunnya setiap sekolah akan mengirimkan wakilnya untuk bertanding dengan siswa lain.

Untuk soal olimpiade IPA SD atau OSN (Olimpiade Sains Nasional) Sekolah Dasar, tentu saja berbeda dengan jenjang-jenjang di atasnya. Adapun soal yang diberikan, seputar metode ilmiah, keterampilan. Pengklafikasian mahluk hidup yang berdasarkan anatomi, makanan, habitat serta sistematiknya. Juga mengenai proses serta mekanisme yang berlaku pada semua mahluk hidup, baik itu manusia, hewan, tumbuhan serta mikroorganisme.

Begitu juga dengan soal-soal yang berkaitan wujud benda, gelombang dan optik, mekanika, energi dan perubahannya. Kemudian tentang listrik dan kemagnetan, suhu dan panas, struktur atom hingga soal yang berkaitan dengan tata surya, bumi serta galaksi juga berada diantaranya.

Dan berikut ini adalah Beberapa contoh soal olimpiade IPA SD yang bisa dipelajari siswa, baik di rumah ataupun di sekolah. Soal juga telah dilengkapi dengan kunci jawabannya.

1. Semut merupakan serangga yang memiliki antena di bagian kepalanya yang memiliki fungsi untuk…

A. Meredam suara langkah kaki
B. Alat indera dan komunikasi
C. Melindungi diri dari mangsa
D. Menangkap mangsa

(Kunci Jawaban):

Jawaban yang benar adalah B.

Di mana Antena pada kepala semut merupakan alat indera yang membuat semut bisa menyentuh, mencium bau serta merasakan getaran serta bunyi. Alat komunikasi antar semut juga menggunakan antena tersebut.

2. Tahap daur hidup pada kupu-kupu yang paling menguntungkan bagi manusia karena bisa digunakan untuk membuat sandang terdapat pada fase

A. Kepompong
B. Telur
C. Kupu-kupu
D. Ulat

(Kunci Jawaban):

Jawaban yang benar adalah A.

Fase daur hidup dari kupu-kupu yang paling menguntungkan bagi manusia adalah saat menjadi kepompong. Seperti kempopong ulat sutera yang bisa diambil seratnya kemudian diolah menjadi kain sutera bernilai tinggi.

Itu dia dua contoh soal olimpiade IPA SD yang berkaitan dengan hewan. Selanjutnya adalah contoh soal yang berhubungan dengan tata surya.

3. Perhatikan ciri-ciri planet ini

I. Memiliki orbit dari timur ke barat
II. Memiliki julukan sebagai bintang timur atau bintang fajar.
Planet yang memiliki kedua ciri di atas adalah

A. Mars
B. Saturnus
C. Venus
D. Neptunus

(Kunci Jawaban):

Jawaban yang benar adalah C.

Bintang timur atau bintang fajar merupakan sebutan lain untuk planet ini. Begitu juga dengan orbit yang dimilikinya, bergerak dari timur ke barat.

Dan berikut ini adalah contoh soal olimpiade IPA SD yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

4. Pembukaan hutan yang akan digunakan untuk lahan pertanian atau pembangunan dengan cara dibakar akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan, yaitu:

A. Lahan terbuka untuk pertanian dan pembangunan akan semakin luas
B. Habitat hewan akan semakin membaik
C. Terjadinya polusi udara
D. Hasil pertanian akan mengalami peningkatan

(Kunci Jawaban):

Jawaban yang benar adalah C.

Untuk memiliki lahan yang akan digunakan untuk pertanian ataupun pembangunan lainnya dengan cara dibakar, hanya akan menyebabkan polusi pada udara dan tidak memberikan efek positif.

5. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1. Menebang pohon di hutan dengan menggunakan sistem tebang pilih
2. Memancing ikan di sungai
3. Pembangunan pabrik
4. Menggunakan pupuk secara berlebihan
Kegiatan mana sajakah yang bisa memengaruhi keseimbangan alam

A. 1 dan 3
B. 1 dan 2
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4

(Kunci Jawaban):

Jawaban yang benar adalah D.

Pembangunan pabrik yang memproduksi dan menyebabkan timbulnya polusi dan limbah bisa mengganggu keseimbangan lingkungan dan kehidupan mahluk hidup. Begitu juga dengan penggunaan pupuk yang berlebihan bisa menyebabkan meledaknya populasi alga di sungai yang juga bisa mengganggu lingkungan.

Soal olimpiade IPA SD lainnya yang bisa digunakan sebagai sarana belajar mengajar atau uji coba siswa di sekolah. Bisa menggunakan pertanyaan yang berkaitan dengan organ tubuh, seperti berikut ini.

6. Apakah proses yang terjadi pada selaput lendir yang terdapat di rongga hidung?
A. Untuk menyaring debu
B. Untuk memisahkan oksigen dan uap air
C. Untuk menyesuaikan suhu dan kelembapan
D. Untuk melepaskan karbondioksida

(Kunci Jawaban):

Jawaban yang benar adalah C.

Pertanyaan di atas berkaitan dengan ala pernafasan pada manusia, Di mana bulu hidung berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran dan debu. Sementara selaput lendir membantu proses penyesuaian suhu juga kelembapan udara.

Dan berikut ini contoh soal olimpiade IPA SD yang membutuhkan ketelitian. Perhatikan dengan baik soal yang diberikan.

7. Yang manakah contoh simbiosis parasitisme
A. Tanaman tali putri yang menempel pada tanaman beluntas
B. Ikan remora yang memakan sisa makanan ikan hiu
C. Lebah mengisap nektar bunga
D. Tanaman markisa yang melilit pada pohon rambutan

(Kunci Jawaban):

Jawaban yang benar adalah A.

Simbiosis parasitisme merupakan konsep hubungan antar mahluk hidup yang artinya, satu untung, satu rugi. Tanaman putri yang menempel pada tanaman beluntas akan memakan nutrisi tanaman beluntas hingga akhirnya pohon tersebut mati. Sementara ikan remora dan ikan hiu tidak terdapat pihak yang dirugikan sama sekali atau komensalisme.

Pada lebah yang mengisap nektar pada bunga merupakan simbiosis mutualisme, di mana lebah bisa mendapatkan makanan dan bunga dibantu proses penyerbukannya. Kemudian pada markisa yang melilit di pohon rambutan juga bersifat komensalisme dan keduanya tidak saling merugikan.

Masih banyak sekali contoh soal olimpiade IPA SD yang bisa digunakan. Dan ini adalah contoh terakhirnya.

8. Energi alternatif yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar adalah
A. Biosolar dan biogas
B. Panas matahari dan angin
C. Spiritus dan premium
D. Biodiesel dan geotermal

(Kunci Jawaban):

Jawaban yang benar adalah A.

Biosolar adalah pengganti solar yang terbuat dari biji jarak dan minyak sawit, sementara biogas bisa menggantikan minyak tanah, LPG atau LNG yang dibuat dari kotoran ternak.

Itulah beberapa contoh soal olimpiade IPA SD terbaru yang bisa dipelajari, terlebih bagi siswa yang juga tertarik untuk mengikuti ajang serupa pada tahun berikutnya. Tidak hanya itu, soal-soal tersebut bisa juga digunakan sebagai sarana berlatih, bagi mereka yang akan menghadapi ujian IPA. Memiliki nilai yang tinggi pada mata pelajaran ini, tentu menghadirkan rasa bangga tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *